Hidup Adalah Tanggung Jawab, Pengabdian, dan Ibadah

كن أنت Jadilah diri Anda (Diri Sendiri)



كن أنت
Jadilah diri Anda (Diri Sendiri)

Kata كن أنت jika di artikan secara bahasa  jadilah diri anda , bagaimana kita menjadi diri kita sendiri. Lagu yang dinyanyikan oleh Humood Al Khudher memberikan angin segar bagi musik islami. Namun yang akan kita kaji bukanlah nyanyiannya tapi filosofi yang terkandung dalam syair yang berbahasa arab ini. Bagaimana kita mencari jati diri kita , ini sangat penting untuk petualangan jalan hidup kita semua. Mengutip dari perkataan Al Imam Asy Syafi’i bahwa “ Eksitensi seorang pemuda adalah dengan ilmu dan ketaqwaan. Jika keduanya tidak ada padanya, maka tidak ada jati diri padanya.” Jikalau membicarakan ilmu tentunya jelas tuntutan kita semua dalam Hadits “ Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat “ bagaimana hari-hari kita , dipenuhi dengan keilmuan. Tapi , jangan lupakan kata Albert Einsten “ Agama tanpa ilmu , itu lumpuh . ilmu tanpa agama itu buta.” Yang kita harus lakukan berilmu dan beragama dengan baik.
Menariknya jati diri kita dikontekkan dengan zaman kekinian modern ini , bagaiman paham ideologi, MEA , Budaya dari luar masuk begitu deras seperti demam k-pop, pasar bebas , paham kapital , paham liberal , dan lainnya. Tentunya kita harus membentenge diri kita dengan intektual memadai dan ilmu agama yang kuat. Berbicara modern , ibarat pisau bisa jadi keberuntungan dan bisa menjadi musibah tergantung penyikapan diri kita terhadap modrnisasi. Solusinya bagaimana menyikapi modern atau masalah  ? masalah akan menjadi Musibah kalau dihadapi dengan penuh keluh kesah, tapi masalah akan menjadi Anugrah kalau dihadapi dengan penuh syukur dan ucapan Alhamdulillah. Pengalaman hiduplah yang akan menjadikan pelajaran agar kita lebih mengerti tentang kehidupan.
My inspiration , bagaimana kita mempunyai inspirasi hidup untuk masa depan kita. Tentu berbicara inspirasi satu sosok manusia agung yang dalam dirinya terdapat suri tauladan yakni Baginda agung Nabi Muhammad Saw , kapasitas dan kontribusinya tidak bisa diragukan bukan sekedar dari pemikir kanan namun pemikir kiri mencatatnya sebagai seratus tokoh yang paling berpengaruh di dunia buku yang di tulis oleh Michael H.Hart. apalagi di dunia pemikiran kanan yang kita nanti safatnya , pengantar zaman jahiyah menuju alam sekarang ini addinul islam. Tak lupa dua sosok setia , yang pontang panting membiayai kita bukan sekedar materi namun moral juga. Yang senantiasa dalam do’anya menyebut kita , nampaknya hidup tak sempurna jika beliau yakni orang tua kita belum bahagia.terakhir selain keluarga dan teman yakni ada sosok insan yang berpengaruh , kalau saya pribadi yang menispirasi saya rektor paramadina Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Anes Baswedan. Terjun kelapangan langsung dengan gebrakan indonesia mengajar , dan lainnya. Dan juga karena saya senang seni satu sosok yang juga track kekornya luar biasa walikota dengan tata kota arsitektur yang sangat elok yaitu Ridwan Kamil.
Terakhir diri kita harus mempunyai impian dan harapan , karena secara epistimologi islam manusia mampu hidup bertahan karena mempunyai impian dan harapan jangan lupa usaha serta tawakal. Mengutik kata pemain bola muslim terkenal Mesut Ozil “ tanpa impian kita tidak akan meraih apapun , tanpa cinta kita tidak akan merasakan apapun , dan tanpa Allah Swt kita bukan siapa – siapa.”percayalah saat melibatkan Tuhan dalam semua impianmu , tidak ada yang tidak mungkin. Closing Statement , 3 Mantra kehidupan yaitu :
1.      Man Jadda Wajada ( siapa yang bersungguh-sungguh, pasti berhasil )
2.      Man Shobaro Zhafiro ( siapa yang ber sabar, akan beruntung )
3.      Man Yazro’ Yahzud ( siapa yang menanam , akan menuai yang di tanam )


Yogyakarta , 12 Januari  2015
Naufal Kurniawan

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "كن أنت Jadilah diri Anda (Diri Sendiri)"

Back To Top