Hidup Adalah Tanggung Jawab, Pengabdian, dan Ibadah

Memajukan dan Mewariskan Kebudayaan Indonesia melalui Pengembangan Software “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis Android dan IOS”


Memajukan dan Mewariskan Kebudayaan Indonesia melalui Pengembangan Software “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis Android dan IOS
Oleh : Group 1
Kemajuan pola pikir manusia telah berhasil membuat perkembangan teknologi menjadi begitu pesat. Dengan akal dan ilmu pengetahuan yang dimiliki, manusia mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya dengan cara menciptakan inovasi teknologi-teknologi baru. Setiap inovasi teknologi diciptakan oleh manusia adalah ditunjukkan untuk memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Bahkan dalam dekade terakhir ini manusia telah menikmati banyak manfaat yang dibawa dari inovasi-inovasi teknologi termasuk diantaranya menjadikan aktivitas manusia menjadi lebih mudah, praktis, cepat dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan pernyataan Martono (2012), bahwa setiap perkembangan teknologi melalui inovasi-inovasinya selalu menjanjikan manfaat positif berupa perubahan, kemajuan, kemudahan, peningkatan produktifitas, kecepatan dan popularitas. Manfaat positif dari perkembangan teknologi tersebut bahkan telah dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya.
Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia terkenal tidak hanya karena kekayaan sumberdaya alamnya yang melimpah, akan tetapi juga karena kekayaan budaya yang dimiliki. Kekayaan budaya ini tercermin dari banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia dan setiap suku bangsa di Indonesia memiliki lebih dari satu jenis seni budaya. Dengan demikian jumlah seni budaya di Indonesia sangat beragam melebihi jumlah suku bangsa itu sendiri. Seni budaya di Indonesia sangatlah melimpah mulai dari seni musik, seni teater, seni tari, seni rupa, rumah adat, pakaian adat, bahasa daerah, dan lain sebagainya (Falah dkk, 2013). Aneka ragam seni budaya tersebut merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya, bahkan realita mengungkapkan bahwa seni budaya atau kearifan lokal Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi dunia Internasional. Ketertarikan dunia Internasional ini dapat dimanfaatkan Indonesia sebagai sarana  untuk mempromosikan diri di kancah Internasional agar supaya Indonesia dapat dikenal secara luas di dunia Internasional sebagai Negara yang kaya akan kebudayaan. Oleh sebab itu, memajukan kebudayaan Indonesia dengan cara mengembangkan dan melestarikannya merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh bangsa Indonesia.
Digitalisasi kebudayaan dapat digunakan sebagai salah satu langkah strategis untuk memajukan kebudayaan Indonesia di era yang serba digital. Digitalisasi kebudayaan adalah suatu konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam memajukan kebudayaan terutama dalam hal pengelolaan, pendokumentasian, penyebarluasan informasi dan pengetahuan dari unsur-unsur kebudayaan. Konsep ini tidak lain adalah bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia itu sendiri sebagai wujud dari eksistensi bangsa Indonesia di tengah masifnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan konsep ini pula, kebudayaan dari setiap suku bangsa dapat diwariskan ke setiap generasi muda yang ada dibawahnya secara lebih mudah karena dilakukan secara digital atau menggunakan teknologi yang canggih. Dengan demikian, Indonesia akan tetap mampu menunjukkan budaya sebagai jati dirinya di mata dunia. Namun demikian, sejauh ini konsep digitalisasi kebudayaan masih belum mendapat perhatian yang serius dari masyarakat Indonesia, khususnya para pihak yang bergerak dibidang kebudayaan yang notabene adalah elemen yang paling berperan dalam memajukan kebudayaan Indonesia.
Dari sejumlah seni budaya yang ada di Indonesia, hanya sedikit yang sudah didigitalisasi. Oleh karena itu diperlukan kerjasama antar kelompok masyarakat untuk melakukan digitalisasi kebudayaan melalui perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu canggih dan pesat dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan kreasi apa saja tentang hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan. Sebenarnya ada banyak opsi ide bagi masyarakat untuk melakukan digitalisasi kebudayaan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Beberapa ide digitalisasi kebudayaan menggunakan perkembangan teknologi diantaranya dapat dilakukan melalui Game, Software Edukasi, Musik Digital, Film Animasi, dan masih banyak lagi.              
Pada tulisan ini, penulis tertarik untuk membuat sebuah terobosan baru dibidang kebudayaan dengan cara menciptakan sebuah aplikasi atau software bertajuk  “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis android dan IOS. Ketertarikan kami pada ide ini adalah didukung dengan tingginya kepemilikan teknologi smartphone di Indonesia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian di Amerika Serikat, Pew Research Center, di tahun 2018 Indonesia menempati posisi ke 24 dari 27 negara dengan kepemilikan smartphone. Dari seluruh pemilik handphone di Indonesia, 42 persen memiliki smartphone, 28 persen memiliki handphone biasa dan 29 persen tidak memiliki handphone. Untuk kelompok negara berkembang, Indonesia berada di peringkat ke-6 di bawah Afrika Selatan, Brasil, Filipina, Meksiko dan Tunisia. Lebih lanjut juga dilaporkan bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia tergolong tinggi. Kepemilikan smartphone untuk pemakai usia muda (18-24 tahun) meningkat dari 39 persen pada 2015 menjadi 66 persen pada 2018, sedangkan kepemilikan smartphone untuk pemakai berusia di atas 50 tahun juga meningkat dari 2 persen pada 2015 menjadi 13 pada 2018 (Tempo.co, 2019).
Melihat peningkatan kepemilikan smartphone di Indonesia sekaligus kemudahan pemakaiannya membuat kami yakin bahwa aplikasi atau software “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis android dan IOS  dapat dioperasikan oleh pengguna atau user secara mudah dan dapat diunduh dengan mudah. Selain dapat diunduh dan digunakan oleh user Indonesia, aplikasi ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu bagi wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Indonesia untuk memperoleh keterangan lokasi serta informasi budaya daerah (seni musik, seni teater, seni tari, seni rupa, rumah adat, pakaian adat, bahasa daerah) yang didukung oleh image, audio, text maupun video.
Dari uraian diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi telah membawa kemudahan bagi kehidupan manusia khususnya dibidang kebudayaan. Upaya memajukan kebudayaan Indonesia di era seperti sekarang ini dapat dimulai dari penerapan digitalisasi kebudayaan melalui aplikasi “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis android dan IOS. Aplikasi atau software edukasi kebudayaan ini memungkinkan para penggunanya mengakses berbagai konten budaya yang ada di Indonesia tanpa terikat dengan ruang dan waktu, bahkan aplikasi ini dinilai akan lebih bisa menghemat biaya karena tidak perlu menjelajahi secara langsung daerah-daerah di Indonesia yang memiliki potensi kebudayaan.
Kedepannya, aplikasi ini akan dilengkapi dengan fitur fitur memadai agar pengguna dapat dengan mudah mengakses. Seperti fitur fitur pengkategorian sesuai dengan kategori yang ingin di akses. Seperti kategori tarian, makanan tradisional, pakaian tradisional di setiap provinsi. Selain itu, agar aplikasi ini tidak monoton dan membosankan, kami berencna menambahkan games di permainan ini. Agar bukan hanya orang dewasa yang menikmati aplikasi ini, namun juga anak-anak. Diharapkan dengan adanya fitur games pada aplikasi ini, anak-anak akan lebih tertarik memperdalam kebudayaan Indonesia dengan cara yang mudah dan mengasyikan. 
secara tidak langsung aplikasi ini sudah membantu dalam hal mewariskan kebudayaan Indonesia bagi generasi mudanya secara lebih mudah, cepat, dan hemat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendukung para wisatawan mancanegara dalam memperoleh keterangan lokasi serta informasi budaya daerah di Indonesia seperti seni musik, seni teater, seni tari, seni rupa, rumah adat, pakaian adat, bahasa daerah dan lain sebagainya secara valid, sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara terhadap obyek wisata di Indonesia yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan devisa dari sektor pariwisata di Indonesia.  
Aplikasi ini juga akan dilengkapi dengan kolom review. Agar para pengguna yang sudah pernah menyaksikan secara langsung tarian adat di Indonesia, ataupun makanan tradisional khas daerah di Indonesia, dapat membagikan pengalaman mereka dengan tujuan dapat mengajak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk turut mencoba dan memahami kebudayaan di Indonesia yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan di Indonesia
Namun demikian, tulisan ini masih sebatas ide yang perlu dikembangkan, tujuannya agar mampu memajukan kebudayaan Indonesia menjadi lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih dan dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat luas.
REFERENSI
Falah, M. W., Nasrudin., Y. Jayanti dan S. Utami. 2013. Rumah Indonesia Bernuansa “Indonesia Negara 1000 Budaya” sebagai Sarana Informasi Sekaligus Untuk Memperkenalkan Budaya Indonesia pada Masyarakat di Perbatasan. Jurnal Neliti. 1 (1): 1-10.
Martono, Nanag. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Postmodern dan Postkolonial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tempo.co. 2019. Survei Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24. Diakses pada 19 Juni 2019 pada pukul 23.10 WIB. Tersedia dari https://tekno.tempo.co/read/1181645/survei-kepemilikan-smartphone-indonesia-peringkat-ke-24/full?view=ok

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Memajukan dan Mewariskan Kebudayaan Indonesia melalui Pengembangan Software “Edukasi Sejuta Budaya Indonesia” berbasis Android dan IOS”"

Back To Top