Hidup Adalah Tanggung Jawab, Pengabdian, dan Ibadah

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN (Nadiatun Hasanah)


PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN

Disusun Oleh: Nadiatun Hasanah



v  LATAR BELAKANG

Pada zaman yang serba modern ini, banyak masyarakat yang sudah  tidak asing lagi dengan keberadaan internet mulai dari Orangtua, Mahasiswa, hingga anak SD sekalipun mengenalnya. Bahkan dengan adanya internet ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan kebanyakan sudah menjadi gaya hidup mereka. Adanya internet dapat memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain dengan beberapa website kamuniti (social networking) seperti Whatsap, BBM, Line, Path, Twither, Facebook, istagram, dan lain sebagainya, dan bahkan berbagai informasi yang ada di belahan dunia kini kita bisa langsung mengetahuinya berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Selain dengan internet yang menjadikan seseorang mudah untuk berkomunikasi dan mudah mendapatkan sebuah informasi, ada pula seseorang yang menggunakan internet sebagai pemasaran barang produksinya. Jadi, tidak heran bila banyak orang yang menggunakan internet sebagai kebutuhan dan bagian hidup yang tidak bisa dipisahkan.

Munculnya internet yang digemari masyarakat secara tidak langsung pasti mempengaruhi perilaku seseorang, perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia. Misalnya dengan adanya internet banyak orang yang merasa dimudahkan dalam menyelesaikan urusan dan berbagai aktifitasnya, dan banyak memberikan motivasi bagi mahasiswa yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan keluarga dan temen agar mengetahui informasi yang bermanfaat sehingga dirinya merasa tidak ketinggalan informasi yang sangat penting dan juga sebagai pencari bahan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berikan oleh Guru/Dosen.

Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negative. Adanya internet banyak orang yang hanya mengabiskan waktunya di depan computer untuk bermain gameonline dan adanya internet yang juga memudahkan seseorang untuk mengakses film-film porno, sehingga menimbulkan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan, seperti minum-minuman, pemerkosaan, dan kekerasan lainnya yang merugikan orang lain.

Oleh karna itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negative kemajuan teknologi pemerintah di suatu Negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konveksi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna tehnologi.

v  TEKNOLOGI


Kata teknologi berasal dari bahasa “texere” yang berarti menyusun atau membagun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.[1]

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) istilah “teknologi” berasal dari “techne” cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal. Sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.[2]

Menurut Deni Darmawan (2012) dia mengatakan bahwa yang dimaksud “teknologi” ialah cara-cara melakukan sesuatu, cara-cara membuat sesuatu, dan sejenisnya. Akan lebih lengkap, baik teknologi dalam bentuk cara membuat sesuatu dapat dilakukan dari empat perspektif yaitu;

1.    Perspektif teknologi sebagai ide.

2.    Perspektif teknologi sebagai rancang bangun.

3.    Perspektif berfikir inovatif.

4.    Perspektif kebahasaan.[3]

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah menyusun atau membangun sebuah ide bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu untuk memenuhi sebuah kebutuhan semua umat manusia dengan bantuan akal yang dimana adanya sebuah ide-ide yang terlintas dipikiran juga membantu onggota tubuh. Teknologi adalah suatu tubuh dari sebuah ilmu pengetahuan atau rekayasa yang dapat mengaplikasikan produk dan proses atau pada penelitian untuk mendapat pengetahuan baru. Kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari dari kehidupan kita, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kamajuan ilmu pengetahuan.

Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bantu/ekstensi kemampuan diri manusia. Pada saat ini teknologi telah terjadi sebuah kekuatan yang justru “membelenggu” perilaku gaya hidup kita sendiri. Dengan adanya pengaruh yang sangat besar, karena ditopang pula oleh system-sistem social yang kuat dan dalam kecepatan yang makin tinggi, teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Masyarakat yang rendah kemampuan teknologinya cendrung tergantung dan hanya mempu breaksi terhadap yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi.[4]

v PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Teknologi merupakan hasil karya manusia untuk mengolah lingkungan dan menyesuaikan diri dengannya. Teknologi membantu memperpanjang tangannya memperkuat ototnya atau menyambung indera dan otaknya. Teknologi membuat lingkungannya nyaman, aman dan efisien untuk didiami dan diolah. Karena manusia dipengaruhi oleh lingkungan, maka lingkungan teknologi juga mempunyai dampak terhadap manusia, namun teknologi mutakhir yang berkembang besar-besaran dengan laju yang cepat dampaknya terhadap manusia juga luas dan dalam. Pengaruh ini dapat langsung atau primer dapat pula tidak secara langsung, sekunder atau tersier. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang:

1.      Bidang Informasi dan Komunikasi.

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

a.       Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet.

b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.

c.       Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

a.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).

b.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.

c.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.

d.      Kecemasan teknologi Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi computer.

e.       Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.[5]

2.      Bidang Ekonomi dan Industri

Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:

a.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

b.       Terjadinya industrialisasi.

c.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat.

d.      Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

e.       Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;1.   terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan2.   Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

3.      Bidang Sosial dan Budaya

Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat.

a.       Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.

b.      Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

c.       Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:

Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.

4.      Bidang pendidikan

Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:

a.       Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.

c.       Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses  pendidikan antara lain:

a.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

b.      Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain

v  KESIMPULAN



[3]  Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Amplikasi, (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA,2012), hal. 23 – 24.
[5]  ibid, html.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN (Nadiatun Hasanah)"

Back To Top