Hidup Adalah Tanggung Jawab, Pengabdian, dan Ibadah

FILSAFAT SEBAGAI UPAYA MENGELUARKAN MANUSIA DARI KETERASINGAN




FILSAFAT SEBAGAI UPAYA MENGELUARKAN MANUSIA DARI KETERASINGAN
            Realitas saat ini mununJukkan bahwa manusia semakin terasing dari duninya. Hal ini terlihat dari kenyatann yang menunjukkan bahwa manusia semakin individualis. seperti misalnya manusia saat ini terlena dengan dunia maya yang membuatnya tidak peduli dengan dunia sekitarnya. Hal ini memang merupakan suatu bagian dari dampak adanya kemajuan itu sendiri. Memang benar kalau kemudian Marx mengatakan dalam teorinya bahwa setiap adanya kemajuan pasti ada dampak negatif nya.
            Manusia menjadi terasing dari didrinya bukan karena kemajuan itu sendiri tetapi karena tidak adanya pengetahuan dan minimnya pemahaman terhadap apa yang dihadapinya. Makanya kemudian perlu adanya keseimbangan antara pemahaman yang seimbang terhadap kemajuan yang ada. Filsafat kemudian yang saya kira merupakan cara berpikir yang radikal dan kritis untuk memahami kemajuan dan dampaknya dapat dijakdikan solusi sebagai upaya terhadap manusia yang terasing dari hidupnya.
            Filsafat mencoba mengritis sampai ke akar persoalan bukan hanya sebatas apa yang kita sadari yang tidak kita sadari pun menjadi objek persoalan dalam filsafat.
Ahmad hasanuddin
HMI MPO Komfak Ushuluddin
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk " FILSAFAT SEBAGAI UPAYA MENGELUARKAN MANUSIA DARI KETERASINGAN"

Back To Top